Wednesday, November 20, 2013

Jus Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan



Oleh: Yuli Widyawati
Mendengar kata manggis, rasanya jadi ingin pulang kampung karena banyaknya tanaman buah manggis di dekat rumahku. Manggis adalah buah yang tidak asing bagi masyarakat kita karena buah ini mampu tumbuh dengan baik di berbagai wilayah Indonesia. Namun ternyata manggis ini berasal dari Jambi. Meskipun Malaysia pernah mengklaim bahwa pohon manggis berasal dari wilayahnya. Tetapi ini dapat di bantah oleh ilmuan hortikultura Indonesia dengan berbagai penelitian yang akhirnya terbukti bahwa manggis berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Jambi. 
Bagi masyarakat umum manggis hanya dingunakan untuk dimakan namun ternyata manggis itu mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kulit manggis. Pertama kali mendengar bahwa kulit manggis mempunyai banyak manfaat, saya sedikit heran karena setahu saya kebanyakan orang setelah memakan buah manggis pasti kulitnya di buang. Padahal kulit tersebut sangat berkhasiat untuk kesehatan badan. Kulit manggis memiliki rasa yang tidak enak, untuk mengatasinya kita dapat membuat jus kulit manggis agar rasa tidak enak tersebut bisa diminimalisir. Di bawah ini saya akan menjelaskan cara membuat jus kulit manggis.
Siapkan dua atau tiga buah manggis, satu gelas air matang, madu secukupnya, gula dengan kalori rendah (gula aren), blender dan sendok. Setelah semua bahan siap, kita bisa membuat jus kulit manggis. Cara membuatnya sangat mudah.  Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mengerok kulit buah manggis di bagian dalam dengan menggunakan sendok. Pada tahap ini kita harus memilih buah manggis yang kulitnya bagus dan tidak busuk untuk memperoleh kulit buah yang berkualitas tinggi. Saat pengerokan kulit buah, hindari bagian yang berwarna hitam dan getah yang berwarna kuning agar jusnya tidak terasa pahit. Setelah itu, hasil kerokan tadi dikumpulkan dan direbus. Hal ini perlu dilakukan jika tidak ingin rasa jusnya terlalu pekat atau pahit. Sisa air rebusan tersebut sebaiknya jangan dibuang karena air tersebut masih bisa digunakan lagi. Sebaiknya air rebusannya di simpan di dalam kulkas. Air rebusan tersebut bermanfaat sebagai instrumen terapi beberapa penyakit. Selanjutnya masukkan hasil kerokan kulit buah manggis atau air rebusan kulitnya (jika memakai langkah kedua) ke dalam blender. Tambahkan satu gelas air matang dan gula aren. Kita bisa menambahkan madu dan buah-buahan sesuai selera misalnya mangga,sawo,dan lainnya untuk mengurangi rasa sepat dan pahit. Setelah diblender, jus  kulit buah manggis siap di minum. Sisanya bisa disimpan ke dalam wadah yang memiliki penutup  (botol) dan simpan di kulkas. Anda bisa meminumnya sebanyak tiga kali sehari, sebanyak tiga sampai empat sendok setelah makan.
Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam mengkonsumsi jus kulit buah manggis. Seperti yang kita ketahui, kulit buah manggis rasanya tidak enak, begitu pula dengan jusnya. Oleh sebab itu, anda dipersilakan untuk melakukan improvisasi sendiri baik itu dengan mencampurkan buah-buahan lainnya, mencampurkan cuka apel, perasan jeruk lemon, dan lainnya untuk membuat jus ini terasa lebih enak. Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jus kulit buah manggis ini dalam keadaan perut yang masih kosong (diminum setelah makan). Hal yang patut diketahui juga bahwa permukaan jus kulit buah manggis akan menghitam kalau terkena udara (makanya disarankan untuk disimpan di tempat tertutup). Pada awal pemakaian, sangat mungkin perut anda akan merasa mual dan tidak enak. Namun, hiraukan saja karena tidak berbahaya. Jika sudah rutin dilakukan, anda akan terbiasa dan perut bisa menerimanya dengan nyaman.
Jus kulit buah manggis bukanlah sembarang jus. Namun jus yang memiliki kandungan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang mengonsumsinya. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis sangat kaya akan anti-oksidan, terutama xanthone, tanin, Anti-Inflamasi (Peradangan), anti-kanker, anti-mikroba, asam fenolat maupun antosianin. Dalam kulit buah Manggis juga mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein 0,71%, dan juga karbohidrat sebanyak 35,61%. Makanya anda diharapkan untuk meminumnya secara konsisten dan berkala sehingga hasilnya akan benar-benar bisa dirasakan.
Jus kulit manggis memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah penyakit yang mematikan seperti diabetes, alzheimer, jantung dan lainnya, menyembuhkan dan mencegah penyakit kanker, melawan radikal bebas, bermanfaat untuk mengurangi berat badan, mengurangi tekanan darah tinggi menjaga saluran kencing, memelihara pencernaan, menyembuhkan penyakit asma, mengatasi gangguan pernafasan, bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah terjadinya gangguan penglihatan dan bermanfaat untuk mengatasi batu ginjal.
Kulit buahnya bisa dipakai untuk mengobati penyakit seperti diare, sariawan atau pun disentri dengan cara yang sangat sederhana (tanpa mesti diolah secara rumit).Untuk mengobati diare, Anda tinggal mencuci kulit buah manggis, kemudian dipotong-potong dan direbus dengan sekitar 2 gelas air sampai volume airnya menyusut setengahnya. Rebusan airnya yang sudah dingin kemudian diminum. Untuk mengurangi rasa yang kurang enak bisa ditambahkan madu. Rebusan kulit Manggis ini diminum dua kali dalam sehari.
Cara yang sama juga bisa dilakukan untuk mengobati penyakit sariawan dan disentri. Perbedaannya hanya terletak pada volume air yang digunakan untuk merebus. Untuk mengobati disentri, anda harus merebus kulit buah manggis dengan tiga atau empat gelas air dan diminum dengan dosis dua gelas sehari. Sedangkan untuk mengobati sariawan, air rebusan kulit buah manggis cukup dikumur-kumur saja sebanyak tiga sampai enam kali dalam sehari.
Selamat mencoba dan merasakan khasiat dari jus kulit buah manggis.



No comments:

Post a Comment